Minggu, 03 Juni 2018

It's time to REUNI


Gengs, pernah gak dateng ke acara reuni ternyata suasananya gak serenyah yang dibayangkan? Ngobrolnya cuma dua orang tiga orang, fokus ke smartphone masing² atau diisi dengan obrolan yang gak penting² banget buat dibahas.

Ajang silaturahmi yang diharapkan keberkahannya justru menjadi momok bagi sebagian orang. Apa aja sih yang bisa kita siapkan buat dateng ke reuni selain budget dan bawa diri? Let's check the most important things to make our REUNI feel awesome..

1. Memulai dengan yang ringan. Lama gak ketemu teman lama, bukan lantas kita bisa langsung menodong teman kita dengan pertanyaan berat. Mulailah dengan menanyakan perjalanannya sampai ke lokasi reuni, bertanya kabarnya, wajah yang lebih segar atau menanyakan kehadiran teman yang lain. Sajian pembuka yang ringan bisa membuat teman kita merasa disambut dan menciptakan suasana hangat bersahabat.
2. Hindari isu sensitif. Pertanyaan klasik seperti "kamu belum punya anak? Rencananya kapan?", "kerja dimana kamu sekarang? Gak kedengaran kabarnya di sosmed", atau "mau nikah kapan sih? Nyari yang gimana lagi?". Better to you enjoy the time and let them share their private things by themself. Gak perlu ditanya dengan penuh semangat. Kalau mereka berkenan membagikan pengalaman mereka, kita pun akan nyaman berbincang hal² yang sensitif agar tidak menyinggung perasaan. Kamu feel OK, aku feel OK dan kita feel OK. Is it right? 
3. Tetap bersikap netral. Proses hidup setiap orang adakalanya berbeda. Ada yang kebetulan sedang berlimpah rejekinya, ada yang sedang bermasalah dalam karirnya. Mungkin kita sedang berusaha menyembuhkan anggota keluarga yang sakit kronis dan butuh dana besar. Disaat yang bersamaan teman kita baru pulang umroh. Dalam hal ini, bercandalah tentang hal² diluar diri yang tidak ada hubungannya dengan kehidupan pribadi seseorang. Biar teman kita atau kita sendiri tidak merasa kecil hati atau minder.
4. Doakan. Ada banyak orang dengan jalan hidup yang berbeda. Mari doakan mereka yang sudah baik hidupnya agar semakin baik kedepannya. Lebih-lebih mereka yang masih berjuang atau sedang menyelesaikan poin besar dalam hidupnya. Doakan diri sendiri, doakan teman sendiri. Doakan semua orang.

Karena reuni yang baik bukan soal venue yang instagram-able, bukan pula tentang banyaknya teman yang datang. Reuni yang baik membuat mereka yang datang menanti reuni selanjutnya. Mereka akan bertanya "Tahun depan tetap reuni kan?" Maka tidak ada yang lebih indah selain diharapkan kehadiran kita oleh teman-teman kita. Iya kan?

Selamat Reuni!! 🙇🏻‍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memasuki Kota yang Baru

Langit masih gelap kala itu. Dengan sayup-sayup adzan diujung pengeras suara menandakan shubuh sudah tiba. Masjid agung terlihat ramai pengu...